BAB I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Terciptanya komputer diawali
dengan perkembangan alat hitung, maka dalam meninjau perkembangan komputer kita
tak lepas dari perkembangan alat hitung. Alat hitung tertua yang sekarang masih
digunakan adalah abacus (di Indonesia dikenal dengan nama sempoa) alat ini
berasal dari Timur Tengah dikena di Eropa pada Marcopolo.
Komputer digunakan
orang untuk meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Yang
menjadi pemroses data atau pemecah masalah itu adalah perangkat lunak. Bentuk
terkecil dari perangkat lunak adalah operasi aritmatik (+, -, :, x) dan logika
(AND, OR, >, <, =). Dari operasi dasar ini disusun program atau perangkat
lunak.
Di tahun 1980 masih
banyak diantara kita di Indonesia yang belum melek komputer, sehingga pada saat
itu kita sudah sangat bangga jika menggunakan mesin tik elektronik. Tahun 1987,
kita mulai mengenal komputer ber-prosesor 286, dimana untuk menghidupkannya
masih menggunakan disket DOS. Selain itu sistem operasi pada saat itu msih
belum open system, sehingga sistem PC tidak dapat berkomunikasi dengan sistem
lainnya yaitu Mac. Untuk mengirimkan files kepada seseorang yang berlainan
kota, kita masih membutuhkan jasa pos atau kurir. Tahun 1990, orang Indonesia
dengan bangganya menenteng organizer elektronis bermemori 2 MB untuk dapat
disebut melek teknologi.
Komputer membutuhkan data atau fakta, dimana data ini pada saat diinput akan
diterjemahkan menjadi bilangan biner. Mesin komputer memproses fakta atau data
menjadi suatu informasi yang berguna bagi penggunanya. Dengan Komputer diharapkan
dapat meningkatkan hasil kerja dan memecahkan berbagai masalah. Sebelum menjadi
informasi data tersebut diproses melalui hardware yang terletak pada CPU dengan
menggunakan perangkat lunak. Perangkat lunak atau software adalah program dari
komputer. Perangkat lunak adalah program yang berisi instruksi untuk melakukan
proses pengolahan data. Saat ini, tingkat pemrosesan yang dikerjakan perangkat
lunak bersifat machine-like (keinginan mesin) mulai berubah dengan sifat
human-like (keinginan manusia).
BAB II
Pembahasan
Awal mula kata komputer
dipergunakan untuk memvisualisasikan orang yang mempunyai pekerjaan melakukan
perhitungan aritmatika. Namun, sekarang ini komputer diartikan kepada sebuah
perangkat mesin tersebut. Dalam pengertian yang paling mendasar, komputer adalah perangkat
yang membantu manusia dalam melakukan berbagai macam perhitungan. Dalam hal
ini, komputer pertama yaitu sempoa yang digunakan untuk melakukan operasi
artimatika dasar.
Dalam sejarah
komputer dan perkembangannya, Sempoa atau Abacus merupakan awal dari lahirnya komputer.
Komputer dalam melakukan prosesnya berbentuk elektronik, yang memungkinkan
untuk melakukan perhitungan yang lebih luas dan cepat. Hingga saat ini komputer
dapat memproses gambar, suara, teks dan bentuk non-numerik data lainnya. Yang
perlu diingat semuanya itu tidak lepas dari perhitungan numerik dasar. Gambar,
suara dan lainnya hanyalah sebuah abstaksi dari angka-angka yang berderak di
dalam sebuah mesin. Dalam komputer angka-angka tersebut yaitu “1” dan “0” yang
mewakili kombinasi listrik aktif dan non-aktif. Dengan kata lain setiap gambar,
suara, teks dan lainnya di dalam komputer memiliki kode biner yang sesuai.
Sejarah Komputer
Generasi Pertama (1940 – 1950)
Komputer Generasi Pertama menggunakan
beberapa tabung vakum yang besar dan kompleks seperti crystal diodes, relays, resistors, dan capacitors yang membutuhkan daya listrik
sebesar 150 kilowatt. Komputer elektronik pertama yang digunakan untuk umum
yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Sudah berbentuk
digital, namun belum menggunakan kode biner sebagai prosesnya. Digunakan untuk memecahkan
rangkaian lengkap tentang masalah komputasi. Diprogram menggunakan plugboard dan switch, yang sudah mendukung input dan
output dari IBM card.
Dengan terjadinya Perang Dunia
II, negara negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan untuk
mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan
pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
Komputer generasi pertama diantaranya adalah :
§ Colassus.
§ Mark I.
§ ENIAC.
§ EDVAC.
§ UNIVAC I.
Komputer elektronik
pertama yang digunakan untuk non-umum yaitu ABC (Atanasoff-Berry Computer), ten
British Colossus computers, german Z3, LEO, UNIVAC, dan Harvard Mark I.
Sejarah Komputer Generasi Kedua (1955 – 1960)
Komputer Generasi Kedua muncul setelah
ditemukannya transistor, yang kemudian mulai mengganti tabung vakum dalam
desain komputer. Dengan transistor, daya, panas dan bentuk jauh lebih kecil
dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Namun, masih jauh lebih besar
dengan komputer sekarang ini.
Komputer dengan transistor pertama ini dibuat di University of
Manchester pada tahun 1953. Yang paling populer dari komputer transistor
generasi kedua ini adalah IBM 1401. IBM juga menciptakan drive pertama (sebuah
media penyimpanan) pada tahun 1956, yang dikenal dengan IBM 350 RAMAC. sehingga
komputer yang menggunakan alat ini jauh lebih kecil ukuran fisiknya. Disamping
ukuran yang semakin kecil, ciri-ciri lain dari jenis komputer generasi kedua
ini adalah, sebagai berikut:
·
Berorientasi pada bisnis dan teknik.
- Tidak banyak mengeluarkan
panas.
- Program dapat dibuat
dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN,
COBOL, ALGOL.
- Proses operasi sudah
cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik.
- Membutuhkan lebih sedikit
daya listrik.
- Kapasitas memori utama
sudah cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage.
- Menggunakan simpanan luar
magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk.
- Mempunyai kemampuan proses
real time dan time sharing.
- Mulai digunakan disk
storage (penyimpanan data).
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiw-ieZQSGMBJSrRp5dZBtIWPIcaXpA_ywgNBXJ4Adqj2Z9E00A835OgUTJSVLL4NCF2ucXSZI25bPQfXs2xzCIZOBo3FqhkgQMdt6Cj4neTCw53sfav_F6PvD9ETSY6Kutf0tswVY7-jr_/s320/komputer-generasi-kedua-2.jpg)
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru
ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan
Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang
dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar
data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin
tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi
bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.
Komputer generasi kedua diantaranya adalah :
UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC
1107 9 pabrik pembuatnya Sperry Rand-UNIVAC)
Burrouhgs 200 (pabrik pembuatnya Burroughs)
IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600
NCR 300 (pabrik pembuatnya National Cash
Register)
Honeywell 400, Honeywell 800
CDC 1604, CDC 160A (pabrik pembuatnya Control
Data Corporation)
GE 635, GE 645, GE 200 (pabrik pembuatnya
General Electric)
Sejarah Komputer Generasi Ketiga (1960)
Penemuan Integrated Circuits (IC) atau dikenal juga dengan
microchips, membuka jalan untuk komputer generasi ketiga atau yang kita kenal
dengan komputer sekarang ini. Berbentuk jauh lebih kecil dengan generasi
komputer sebelumnya, dengan transistor yang lebih banyak dan dibenamkan ke
dalam microchips tunggal. Dalam tahap perkembangannya, komputer generasi kedua
masih bertahan.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjprTIwLeLIE77MaKtUP5bz_3x7n2VVFSa-ZneY8I9QLc2GpDG-n4qsDczGA1yjsUURTUguTDzo7JK5BPZTwYajJ7YNNs4vj5hVV3BartNsLCHTo2GOOcGPdSaQ8gaDSMv5xjmdGz3ML-Ab/s400/komputer-generasi-ketiga-2.jpg%5D)
Pertama munculnya
minicomputer yang didasarkan pada kedua transistor dan microchips seperti IBM
System/360. Komputer ini jauh lebih kecil dan lebih murah daripada
generasi-generasi sebelumnya. Sejarah Komputer Generasi Ketiga dikenal
sebagai mainframe komputer. Minicomputer dapat dilihat sebagai jembatan antara
mainframe dan microcomputer sebagai proliferasi dalam perkembangan komputer.
Ciri-ciri komputer pada generasi ketiga :
o
Penggunaan IC (Intregrated Circuit)
o
Ukuran komputer menjadi lebih kecil
o
Ditemukannya Sistem Operasi
Sejarah Komputer Generasi Keempat (1971)
Microchips
berbasis Central Processing Unit (CPU) pertama, terdiri
dari beberapa microchips untuk komponen CPU yang berbeda. Dorongan untuk
integrasi semakin besar dan miniasturisasi dipimpin menuju single-chip CPU, di
mana semua komponen CPU yang diperlukan dimasukkan ke sebuah microchips tunggal
yang disebut microprocessor. Microprocessor
pertama yaitu Intel 4004.
Munculnya
microprocessor melahirkan evolusi dari microcomputer,
bentuk yang akhirnya akan menjadi komputer pribadi yang kita kenal sekarang
ini.
Pada tahun 1981, IBM
memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah,
kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di
tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta
PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil,
dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang
dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat
digenggam (palmtop).
![komputer-generasi-keempat-2.jpg (300Ã210)](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgcNsY879Aes_-HKk6mFrSsC2DkOMhjO6qOlQbG3zXwpRolfsmEmfc0adkG3nDvt_JaXsxUT6UT8kWLD3CBkJdR04n5WjLHFHXq_0byEer4mSwRKROZ2kE4_u3LMPoaJfLjJ7WCwY-5jM5P/s1600/komputer-generasi-keempat-2.jpg)
IBM PC bersaing dengan Apple
Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal
karena mempopulerkan system grafis pada komputernya, sementara saingannya masih
menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan
penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita
mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium,
Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita
kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi
keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara
cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan.
![komputer-generasi-keempat-4.jpg (493Ã400)](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLL-_wkEYWLy4yxBf3h1aDyKs6hyphenhyphenouUtltcMMp2iy_r-n6eJd6vWA9EMbKlqhNsI-x_4-CYO2gm9wPiWIu4jd8Tj-6ff-YQfkcU9aiwRMMIK49Ukh9PLHZTTjirvLMD9cMv4PC0LKYkTLn/s1600/komputer-generasi-keempat-4.jpg)
Seiring dengan bertambah
kuatnya suatu komputer kecil, komputerkomputer tersebut dapat dihubungkan
secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti
lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang
lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk
kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan
perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon,
jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
Ciri-ciri komputer pada generasi keempat:
§ Digunakannya LSI, VLSI, ULSI.
§ Digunakannya mikroprosesor.
Sejarah Komputer Generasi Kelima (Masa Depan)
![komputer-generasi-kelima-3.jpg (320Ã238)](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh1lZpURvFWmQXMajjVazojr9QxWpQf_RSQLU56JTT4v-_p6-PRl_ywdr2nlJV6rMYJEnHtaWDoqLPFVYJ_FthUCV8k_XpvmHpoeT65BijqM60_SQsuObsTuPPGtc2POx5OeljSc74DTaRx/s1600/komputer-generasi-kelima-3.jpg)
Komputer generasi kelima memang
belum terwujud, karena komputer generasi ini merupakan komputer impian masa
depan. Pembuatan bentuk komputer generasi kelima tentunya akan lebih kompleks.
Komputer generasi kelima ini diperkirakan mempunyai lebih banyak unit
pengolahan yang bekerja secara serentak untuk menyelesaikan lebih dari satu
masalah dalam waktu bersamaan. Komputer generasi ini juga mempunyai memori yang
besar.
Komputer impian ini
diperkirakan akan mempunyai kepandaian tersendiri atau dapat membuat keputusan
sendiri. Sifat luar biasa komputer ini disebut sebagai kecerdasan buatan.
Rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah
memiliki Artificial Intelligence (AI). Sehingga komputer di masa depan dapat
memberikan respon atas keinginan manusia.
![komputer-generasi-kelima-2.jpg (600Ã397)](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhE5Da0ebRdiel3JkElpLk0rGdjvPq9HAcJtFg-MDyGh4PvhiLRuUbPtOYvdhryi4ZVzZ011efocqxX8UtUK5Uihq2W_pkVtofFo-vM75U4ECGwdL_lZqvb-8TWInOgYnJklHx43CwwPMMW/s320/komputer-generasi-kelima-2.jpg)
Ciri ciri komputer generasi kelima adalah
sebagai berikut :
§ Komputer generasi ini masih
dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak.
§ Pengembangan komputer generasi
ini dipelopori oleh negara Jepang.
§ Komponen elektronikanya
menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI.
§ Program dibuat dalam bahasa
PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor).
§ Komputer generasi kelima
difokuskan kepada AI (Artificial Inteligence / Kecerdasan Buatan), yaitu
sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan komputer untuk melaksanakan
tugas-tugas yang merupakan analog tingkah laku manusia.
Sifat-sifatnya:
§ Dapat membantu menyusun program
untuk dirinya sendiri.
§ Dapat menerjemahkan dari suatu
bahasa ke bahasa lain.
§ Dapat membuat
pertimbangan-pertimbangan logis.
§ Dapat mendengar kalimat
perintah yang diucapkan serta melaksanakannya.
§ Dapat memilih setumpuk fakta
serta menggunakan fakta yang diperlukan.
§ Dapat mengolah gambar-gambar
dan grafik dengan cara yang sama dengan mengolah kata, misalnya dapat melihat
serta mengerti sebuah foto.
Apa saja yang akan ada pada Generasi Kelima
ini?
![komputer-generasi-kelima-4.jpg (496Ã379)](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKdxQLwqcYd6hdCqXisXHK4k9sStw8Cywp-iOrkSqICtSIURy9uIX_iauPAEAWcDwEP3FfL1KpUO5LPj1egdMGIEvw8vqYdPHbUX88n0MXipG4yUrnTrMn5yh3X5-Nc0vmPi_IXIJqyzjY/s320/komputer-generasi-kelima-4.jpg)
Pada generasi ini ditandai
dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan
microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan
munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat
micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan
lainnya lagi.
Di pasaran bisa kita lihat
adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486,
dan Pentium. Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang
diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di
samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah
menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih
tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar
juga menjadi semakin cepat.
![komputer-generasi-kelima-1.jpg (400Ã300)](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTIiGA5Bb6f450hFZVY2papi5q3Pib3hgnlFhDzh2QfluAw5lbpxjsrrPzVA0g_UNRiuaAPtOotJZGk-IZoU86tfDYRqFA2EUfg3yoyIEd5yX64jkLVegynraXYwIMGG7H8bC66FWZt-rZ/s1600/komputer-generasi-kelima-1.jpg)
Dengan bentuk yang semakin
kecil mengakibatkan daya, arus dan tegangan panas yang dikeluarkan juga semakin
kecil. Dengan processor yang lebih cepat dingin, dapat dihasilkan kecepatan MHz
yang lebih tinggi. Kecepatannya adalah 20 kali lebih cepat dari generasi
Pentium 3.
Dua tanda tanda akan munculnya
inovasi komputer generasi kelima adalah komputer paralel yang berarti
memungkinkan banyak CPU bekerja sama membentuk suatu jaringan yang efisien.
Selin itu ditemukannya superkonduktor yang memungkinkan aliran listrik mengalir
tanpa hambatan sedikitpun sehingga dapat meningkatkan kecepatan informasi yang
di dapat. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk
untuk merealisasikan keberadaan komputer generasi kelima ini.
Pengertian
Sejarah Software Komputer
Software
Komputer adalah kumpulan dari pada intruksi atau statement yang di susun secara
logis dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh komputer. Software Komputer
ini berangsur-angsur mengalami peningkatan atau perubahan dari tahun ke tahun
dalam perkembangannya. Berdasarkan perkembangannya, Sejarah Perkembangan
Software Komputer dibagi dalam beberapa era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro,
danModern.
Berikut
adalah Sejarah Perkembangan Software Komputer:
1.
Era Pioneer.
Pada
Era Pioneer ini bentuk software komputer pada awalnya adalah
sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses
komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi.
Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program
digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era ini
software komputer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware komputer.
2. Era Stabil.
Pada
Era Stabil ini baris-baris perintah software komputer yang dijalankan oleh
komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara
bersamaan (multi tasking). Software Komputer pada era ini juga mampu
menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real
time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data.
3. Era Mikro.
3. Era Mikro.
Pada
Era Mikro ini software komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu
Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office,
OpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual
Basic, Delphi, dll)
4.
Era Modern.
Pada
Era Modern ini software komputer tidak hanya untuk sebuah komputer tetapi
sebuah handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software sistem seperti
Android, Symbian, dll. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh software
komputer pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, software komputer
sekarang juga mulai bisa mengenal suara dan gambar.
Tahun-tahun
penemuan Software Komputer
· 1945
- 1965
Istilah software
engineering digunakan pertama kali pada akhir 1950-an dan awal 1960-an.
Saat itu, masih terdapat debat tajam mengenai aspek engineering dari
pengembangan perangkat lunak.
Pada
tahun 1968 dan 1969, komite sains NATO mensponsori dua konferensi tentang
rekayasa perangkat lunak, yang memberikan dampak kuat terhadap perkembangan
rekayasa perangkat lunak. Banyak yang menganggap bahwa dua konferensi inilah
yang menandai awal resmi profesi rekayasa perangkat lunak.
· 1965
- 1985
Pada
tahun 1960-an hingga 1980-an, banyak masalah yang ditemukan para praktisi
pengembangan perangkat lunak. Banyak projek yang gagal, hingga masa ini disebut
sebagai krisis perangkat lunak.
Kasus kegagalan pengembangan perangkat lunak terjadi mulai dari projek yang
melebihi anggaran, hingga kasus yang mengakibatkan kerusakan fisik dan
kematian. Salah satu kasus yang terkenal antara lain meledaknya roket Ariane
akibat kegagalan perangkat lunak.
· 1985
Selama
bertahun-tahun, para peneliti memfokuskan usahanya untuk menemukan teknik jitu
untuk memecahkan masalah krisis perangkat lunak.
Berbagai
teknik, metode, alat, proses diciptakan dan diklaim sebagai senjata pamungkas
untuk memecahkan kasus ini. Mulai dari pemrograman terstruktur, pemrograman
berorientasi object, perangkat pembantu pengembangan perangkat lunak (CASE
tools), berbagai standar, UML hingga metode formal diagung-agungkan sebagai senjata
pamungkas untuk menghasilkan software yang benar, sesuai anggaran dan tepat
waktu.
Pada
tahun 1987, Fred Brooks menulis artikel No Silver Bullet, yang
berproposisi bahwa tidak ada satu teknologi atau praktik yang sanggup mencapai
10 kali lipat perbaikan dalam produktivitas pengembangan perangkat lunak dalam
tempo 10 tahun.
Sebagian
berpendapat, no silver bullet berarti profesi rekayasa perangkat
lunak dianggap telah gagal. Namun sebagian yang lain justru beranggapan, hal
ini menandakan bahwa bidang profesi rekayasa perangkat lunak telah cukup
matang, karena dalam bidang profesi lainnya pun, tidak ada teknik pamungkas
yang dapat digunakan dalam berbagai kondisi.
Sejarah
metodologi pengembangan software seperti pencarian peluru perak, yang tujuan utamanya
adalah mengatur kompleksitas sistem software dengan suatu cara. Persepsi
personal sya(pengarang software developtment book): mengembangkan sistem
software yang kompleks,cukup kompleks, membutuhkan waktu dan biaya yang cukup
besar. kita akan melihat pada lima metodologi secara garis besar yang biasanya
dikembangkan dan digunakan.
Structured
Programming
Sturctured
programming berurusan dengan penggunaan blok sturktur, state procedure call,
dan beragam konstruksi loop yang sesuai. Kita dapatkan mantra baru untuk
ini:”go to considered harfull”(kita mencari hal yang diperkirakan
salah/merugikan)
Ide
yang cukup jelas untuk memberikan pengetahuan/pengertian terhadap flow kontrol
program dengan mudah, agar program disusun secara terstruktur dan transparan. Penulis
berpendapat bahwa ide dari structured programming telah terintegrasi pada semua
metodologi yang muncul setelahnya.
Object
oriented Programming
Metodologi
Object Oriented Programming (OOP) berkembang dari ide structrured
programming. OOP mengatur komplesitas software dengan memaketkan kode dan
data yang biasa digunakan bersama. Biasanya kita samakan dengan object pada
dunia nyata. pada OOP, kita kadang kadang memodelkan object dunia nyata(ex:
menulis program simulasi, ketika pertamakali konsep OOP dikembangkan) sebagai
object software dan juga sebagai model benda non-material seperti prosess, cara
mengorganisasi informasi dan lain sebagainya sebagai object software
Sebuah
object software dapat menjaga internal statenya sendiri. Hal ini sangat berbeda
dengan program terstruktur yang kodenya bisa terstruktur dan dapat dimengerti
dengan mudah, tetapi global data yang dipakai bersama terdapat pada semua
bagian sistem software-termasuk didalamnya bagian tanpa kebutuhan untuk akses
atau modifikasi data tersebut.
Design
Patterns
Manusia
selalu menggunakan pola dalam dunianya. Seperti seorang anak yang berpikir
bahwa temannya yang mempunyai kebiasaan pola belajar yang baik akan mendapat
nilai yang baik pula. ketika kita belajar memasak, kita mungkin akan berpikir
pertamakali seperti kebiasaan pola memasak untuk menyiapkan resep dan bahan
sebelum memulai memasak, kemudian kemudian sering mencoba mencicipi makanan
setelah ditambahkan bumbu.dan lain sebagainya.
Pada
pengembangan software, penggunaan design patern didasarkan pada observasi bahwa
beberapa proyek software gagal sementara proyek yang mirip berhasil (hal ini
dapat berupa pola managemen, pole penjadwalan, pola testing dll). pada desain
software, penggunaan pola didasarkan pada observasi lebih lanjut pada pola
desain umum untuk tugas yang hampir sama digunakan berulangkali untuk proyek
yang berhasil.
Extreme
Programming
Extreme
programming didasarkan pada identifikasi kebutuhan kostumer dan berkonsentrasi
pada pengembangan dan pembuatan kebutuhan pelanggan (kostumer) dengan cepat.
menggunakan desain sederhana untuk berkomunikasi dengan pelanggan, pengembang
Extreme secara teratur mengembangkan software dengan prioritas pada keperluan
yang paling penting.
Extreme
programming merupakan pendekatan yang berbeda dengan skenario tradisional yang
memerlukan waktu baik pengembang maupun pelanggan untuk mencoba (biasanya
dengan tingkat kesuksesan yang terbatas) mendokumentasikan secara detail
software yang telah dikembangkan selama beberapa lama waktu yang dihabiskan.
pengembang yang berpengalaman mengerti bahwa implementasi yang ter-stag secara
positif berpengaruh pada proses desain. extreme programming secara special
efektif ketika kebutuhan kompleks dan tidak memerlukan hal seperti sebelumnya.
Ketika
kita belajar UML, kita akan melihat beberapa detail kasus-kasus user yang
secara lengkap menerangkan aspek individu bagaimana orang akan menggunakan
sistem software. extreme programming menggunakan suatu hal yang dinamakan
dengan “Cerita User”(user stories) yang dibuat oleh pelanggan untuk menjelaskan
persepsinya terhadap sistem yang akan dibangun. cerita user kemudian digunakan
untuk mendefinisikan perkiraan waktu pengembangannya, dan membantu
mendefinisikan test yang terotomasi yang akan digunakan serta digunakan baik
untuk pengembangan maupun untuk test penerimaan pelanggan (acceptance test).
Extreme
programming biasanya dideskripsikan sebagai sebuah phrase yang cukup berarti
bagi penulis: test driven programming. menulis kode test sebelum menulis kode
aplikasi. kemudian menulis software cukup untuk memenuhi unit test. tidak
diijinkan untuk mengubah kode software sebelum seluruh test unit dilalui.
gunakan tools seperti JUnit (www.junit.org) untuk menulis test yang terotomasi.
Aspect
oriented Programming
Ide
utama dibalik aspect oriented programming (AOP) adalah pemisahan konsentrasi
sistem software pada bagian yang berbeda. pada prinsipnya, pilosofi ini
mengijinkan pengembangan sistem yang lebih modular, dengan modularitasnya
terkontrol oleh konsentrasi pengembangan yang berbeda. untuk programmer java,
direkomendasikan untuk mencari AspectJ project (eclipse.org/aspectj).
sebagai
kutipan yang didapat dari situs web AspectJ : “AspectJ enables the clean
modularization of crosscutting concerns such as:error checking and handling,
synchronization, context-sensitive behavior, performance optimizations,
monitoring and logging, debugging support, multi-object protocols” baik free
eclipse java IDE (www.eclipse.org) dan IntelliJ Java IDE yang
berbayar(www.intellij.com) keduanya mendukung AspectJ.Aspectj adalah sebuah
ekstensi (perluasan) bahasa java dan membutuhkan preprocessing. catatan:
meskipun telah mengikuti AOP, penulis masih belum menggunakannya pada proyek
nyata.
Bagian
dari Perangkat Software Komputer
· Perangkat
lunak aplikasi
Sistem
operasi dengan perangkat lunak bahasa tidak di tunjukkan untuk menyelesaikan
permasalahan dalam aplikasi tertentu yang dihadapi oleh pemakai komputer.
Program yang ditunjukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam aplikasi
tertentu di sebut program aplikasi atau program paket. Ada dua cara untuk bisa
mendapatkan program aplikasi yang di butuhkan yaitu dengan mengembangkan
sendiri (sangat sulit dan perlu keahlian khusus) atau membelinya (mudah).
Saat
ini banyak sekali program-program aplikasi yang tersedia di pasaran.
Program-program ini dapat diandalkan, dapat memenuhi kebutuhan pemakai,
dirancang dengan baik, relatif bebas dari kesalahan, mudah digunakan (user
friendly), mempunyai dokumen yang memadai dan didukung oleh purna jual yang
baik. Program-program paket ini di gunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah
umum seperti membuat dokumen (word star, microsoft word), membuat slide
presentasi (ms power point), penerbitan (adobe page maker), mengelola gambar
(adobe photoshop) dsb. Akan tetapi bila kita mempunyai permasalahan yang
sifatnya khusus dan unik sehingga tidak ada paket-paket program yang sesuai
untuk digunakan, maka dengan terpaksa harus dikembangkan program aplikasi
sendiri, misalnya program sistem SKS universitas, program sistem keuangan
perusahaan, dll.
· System
perangkat lunak
Perangkat
keras computer tidak dapat berbuat apa-apa tanpa adanya perangkat lunak.
Teknologi yang canggih dari perangkat keras akan berfungsi bila
instruksi-instruksi tertentu telah di berikan kepadanya. Intruksi-instruksi
tersebut disebut dengan perangkat lunak (software). Intruksi-instruksi
perangkat lunak di tulis oleh manusia untuk mengaktifkan fungsi dari perangkat
keras computer.
Perangkat
keras computer mempunyai beberapa kegunaan yang sudah di bentuk dan di pasang
di dalamnya untuk dapat menanggapi instruksi-instruksi yang diberikan. Apabila
seseorang harus menyusun perangkat lunak yang langsung berhubungan dengan
perangkat keras terlebih dahulu, akan sangat sulit karena harus di ketahui
secara persis cara kerja perangkat keras yang bersangkutan. Kesulitan akan
semakin bertambah karena peralatan yang berbeda mempunyai karakteristik dan
cara operasi yang berbeda pula sehingga memerlukan perangkat lunak yang juga
berbeda . Untuk mengatasi hal ini,maka di buatlah suatu perangkat lunak yang di
sebut dengan system operasi (operating system/OS)
· Klasifikasi
perangkat lunak
Perangkat
lunak secara umum dapat dibagi menjadi 2 yaitu perangkat lunak system dan perangkat
lunak aplikasi. Perangkat lunak system dapat dibagi lagi menjadi 3 macam yaitu:
1. Bahasa
Pemrograman: merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan
arsitektur&algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat
dijalankan computer,contoh bahasa pemprograman: BASIC, COBOL, Pascal, C++,
FORTRAN.
2. System
Operasi: saat computer pertama kali dihidupkan ,system operasilah yang
pertama kali dijalankan,sistim operasi yang mengatur seluruh proses,
menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanajemen penggunaan memory
dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh system operasi:
DOS, UNIX, Windows 95, IBM OS/2, Apple’s system.
3. Utility: system
operasi merupakan perangkat lunak system dengan fungsi tertentu, misalnya
pemerikasaan perangkat keras(hardware troubleshooting), memeriksa disket yang
rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi,defrag), contoh
utility adalah Norton utility.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Perkembangan hardware
tersebut dapat disimpulkan bahwa hardware komputer bergerak ke arah yang lebih
kecil, mobile, kapasitas penyimpanan besar, handal dalam pemrosesan data, serta
output dan input devices yang memungkinkan manusia dapat berinteraksi dengan
mudah dengan komputer.
Software adalah
kumpulan dari pada intruksi atau statement yang di susun secara logis
dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh
komputer. Diantara teknologi informasi yang hampir disetiap tempat kita
temukan software. Sekarang software sangat berkembang pesat hampir setiap tahun
software selalu mengalami perkembangan. Sedangkan model dan design dari
software itu sendiri juga mengalami perkembangan.
http://ilmupengetahuan.org/sejarah-komputer-dan-perkembangannya/
http://lailihidayah6.blogspot.com/2014/07/pengertian-sejarah-software-komputer.html
http://www.mandalamaya.com/pengertian-software-sejarah-software-dan-jenis-software/
http://khususinformatika.blogspot.com/2016/02/perkembangan-hardware-software-dan.html
http://ilmupengetahuan.org/wp-content/uploads/2013/08/Sejarah-IBM-System-360
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiw-ieZQSGMBJSrRp5dZBtIWPIcaXpA_ywgNBXJ4Adqj2Z9E00A835OgUTJSVLL4NCF2ucXSZI25bPQfXs2xzCIZOBo3FqhkgQMdt6Cj4neTCw53sfav_F6PvD9ETSY6Kutf0tswVY7-jr_/s320/komputer-generasi-kedua-2
Komentar
Posting Komentar